Facebook

jasa membuat blog
Tuesday, July 19, 2016

Ulama: Wanita Tak Boleh Tonjolkan Kecantikan di Media Sosial

Posted by on Tuesday, July 19, 2016

media sosial facebook
KAUM wanita diimbau tidak terlalu menonjolkan kecantikan di media sosial, terutama Facebook.

Bahkan, sebaiknya perempuan, terutama yang sudah bersuami, tidak mengunggah foto karena hal itu bisa memicu perzinaan.

Demikian imbauan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cabang Palu, Sulawesi Tengah, Zaenal Abidin.

"Ini bukan fatwa, tapi wacana saya secara pribadi. Tapi ditangkap sebagai pernyataan resmi MUI," kata Zaenal kepada suara.com, Selasa (19/7/2016).

Menurut Zaenal, seorang perempuan yang sudah bersuami tidak perlu mengunggah foto di media sosial, seperti Facebook. Ia menilai itu memberikan dampak negatif.

"Kalau mau pasang foto lebih baik foto sama keluarga. Kehidupan rumah tangga ini yang harus dijaga," kata Zaenal.

Dijelaskannya, perempuan tidak boleh terlalu menonjolkan kecantikan wajahnya di media sosial, semisal dengan memajang foto penuh dengan wajah dalam satu bingkai atau frame foto.

"Jangan terlalu close up, jarak foto diatur. Karena kalau wajahnya saja, itu akan memancing dampak negatif," jelasnya.

Bahkan Zaenal mengingatkan, foto wanita bersuami bisa mengundang dampak negatif itu, misalnya tergoda untuk berselingkuh.

"Agama mengatakan jangan mendekati zina. Nah, bisa saja dari pujian dalam komentar (atas foto yang diunggah) berlanjut ke saling kontak pribadi. Itulah ujung dari mengunggah foto di media sosial," jelasnya.

Imbauan wanita tidak boleh mengunggah foto di media sosial akan dibahas dalam rapat besar MUI Palu pada Agustus 2016. Ia mengusulkan imbauannya agar menjadi fatwa haram seorang istri mengunggah foto dalam media sosial.

"Dalam agama, kecantikan istri yang berhias itu untuk suami, begitu juga sebaliknya. Jangan sampai kecantikan itu berkoar di luar rumah. Ini bahaya teknologi," terangnya.

Sebuah studi menyebutkan, Facebook dapat memicu perselingkuhan. Dilansir Republika, sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Indiana menemukan, banyak orang di Facebook mencari potensi menjalin hubungan diam-diam dengan orang lain. 

Hubungan diam-diam itu biasanya dilakukan oleh jenis orang yang paling sering mencari potensi untuk hubungan asmara dengan bukan pasangannya, misalnya dengan mantan, teman, orang asing, atau orang yang sudah pernah bertemu.*

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2016 Trendy Magz All Rights Reserved.
back to top