Facebook

jasa membuat blog
Tuesday, July 19, 2016

Pemerintah Hapus Program Raskin Mulai Awal 2017

Posted by on Tuesday, July 19, 2016

Pemerintah Hapus Program Raskin Mulai Awal 2017
Pemerintah menghapuskan program beras miskin (raskin) mulai awal 2017. Sebagai gantinya pemerintah meluncurkan program voucher pangan.

Kebijakan ini dilakukan karena banyaknya kasus Raskin yang kurang tepat sasaran. Dengan adanya voucher pangan, diharapkan bantuan pangan dapat tepat sasaran.

"Raskin banyak kelemahan sudah banyak aneka inisiatif dilakukan untuk mereform. Raskin ingin kita ubah dengan memberdayakan usaha eceran rakyat," kata Deputi III KSP Denni Puspa Purbasari, Rabu (18/5/2016).

Diharapkan awal 2017 voucher pangan dapat disebarkan kepada masyarakat kurang mampu. "Mei 2016 Kepres (Keputusan Presiden) keluar sebagai guidance bagi Kementerian dan Lembaga," jelas Denni dikutip detik.com.

Pemerintah menargetkan 15,5 juta masyarakat Indonesia bisa mendapatkan voucher pangan yang dapat digunakan untuk membeli beras dan telur di pasar dan toko yang telah terdaftar.

"15,5 juta rumah tangga sasaran nilai tertentu per bulan. Bisa ditebus untuk tidak hanya dibeli beras, bisa untuk beras dan telur pada harga pasar di pasar yang teregistrasi. Kita akan memastikan banyak pedagang yang mau berpartisipasi meredeem voucher," kata Denni.

Program pengganti Raskin ini diharapkan membuat masyarakat kurang mampu bisa mendapatkan asupan gizi seimbang. Masyarakat juga diberikan keleluasaan dalam menukarkan voucher pangan untuk kebutuhan pangan sehari-hari.

Penyaluran Raskin dimulai sejak 1998 ketika krisis moneter melanda Indonesia.  Raskin merupakan subsidi pangan dalam bentuk beras yang diperuntukkan bagi rumahtangga berpenghasilan rendah. 

Keberhasilan Program Raskin diukur berdasarkantingkat pencapaian indikator 6T, yaitu: tepat sasaran, tepat jumlah, tepat harga, tepat waktu, tepat kualitas, dan tepat administrasi.

Program Raskin bertujuan untuk mengurangi bebanpengeluaran Rumah Tangga Sasaran (RTS) melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras dan mencegah penurunan konsumsi energi dan protein.*

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2016 Trendy Magz All Rights Reserved.
back to top